Minggu, 01 Juni 2014

TUTORIAL MENGGUNAKAN MACROMEDIA CAPTIVATE



TUTORIAL MENGGUNAKAN MACROMEDIA CAPTIVATE
by:ade surya wenly 
http://adewenly.blogspot.com/2014/06/tutorial-menggunakan-macromedia.html
                Macromedia Captivate merupakan aplikasi yang diperuntukkan bagi penggunaan profesional yang dapat dengan mudah membuat demonstrasi intektif serta simulasi dalam berbagai format termasuk Flash (SWF) dan EXE. Kita dapat pula menggunakan aplikasi ini untuk membuat demonstrasi produk online, simulasi software untuk e-learning, atau tutorial online untuk dukungan pemakai.
Membuat Blank Project


1.     Dalam File Menu pilih File > Record or create new movie.
2.    Tampil kotak dialog New movie options. Kemudian pilih Blank movie pada kategori Create other movie type. Lalu klik OK.

3.    Tampil kotak dialog Blank movie. Pilih Preset size 640 x 480 Full Screen. Selanjutnya klik OK.

4.    Tampil area kerja yang masih berisi satu slide kosong.



Memberi Judul Presentasi dengan Teks Bergerak
            Setelah membuat blank project berikutnya kita akan memberi judul untuk presentasi yang dibuat dengan menambahkan teks bergerak. Untuk menambahkan teks bergerak pada slide presentasi caranya :
1. Aktifkan tampilan Edit pada area kerja, dengan cara mengklik tab Edit yang ada di samping tab Storyboard.

   
        
2. Pada menu pilih Insert > Text Animation. Tampil kotak dialog New text animation. Dalam kotak dialog tersebut kita dapat memilih efek teks pada pilihan Effect, memasukkan teks pada kotak Text, mengganti jenis huruf dengan menekan tombol Change font...  


3. Kemudian atur durasi animasi dan efek transisi pada teks dengan mengklik tab Options. Tentukan panjang durasi animasi teks pada kotak Timing, lalu tentukan animasi transisinya pada kotak Transition. Kemudian klik OK.

4.    Untuk mengedit animasi teks, caranya klik kanan pada teks yang ada dalam area kerja, kemudian pada pop-up menu pilih Properties.


Menambah Bahan Gambar

1. Buat sebuah slide baru dengan cara klik Insert > Blank slide pada menu file.



2. Klik Insert > Image pada menu file. Tampil kotak dialog Open. Pilih file gambar kemudian klik tombol Open.

3. Tampil kotak dialog New image box. Lalu klik OK

4. Gambar akan dimasukkan ke dalam Slide. Kita dapat mengatur durasi waktu dari slide dengan memanjang-pendekkan clip-clip yang ada dalam Timeline.


 
Menambahkan Narasi/Audio dalam Slide Presentasi
Untuk memberi narasi kita membutuhkan sebuah Microphone (mic) dengan ukuran jack yang kecil. Lalu tancapkan mic tersebut dalam sound card komputer kita. Berikut ini langkah-langkahnya :
1. Dalam menu pilih Audio > Record.
2. Tampil kotak dialog Record Audio. Klik Options.

3. Dalam kotak dialog Audio Options pilih Input source : Microphone. Lalu klik tombol Calibrate input untuk melakukan test pada Microphone.


4. Selanjutnya microphone akan dikalibrasi. Silahkan melakukan test pada mic dengan cara bersuara.



5. Kalau microphone terpasang dengan benar dan berfungsi dengan baik, maka akan tampil keterangan Input level OK. Selanjutnya klik OK. Selanjutnya dalam kotak dialog Audio Options klik tombol OK.

6. Klik tombol Record untuk melakukan perekaman.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar